Senin, 30 Januari 2017

Mengenal Penyakit Sulami, Manusia Kayu Asal Sragen

Jakarta Perempuan berumur 35 tahun, Sulami, asal Sragen, Jawa Tengah, hanya bisa tergeletak kaku. Dilansir dari salah satu media nasional, Sulami mengalami kelainan genetik langka. Sehingga, seluruh tubuhnya kaku bagaikan manekin. Dinas Kesehatan setempat menyebut perempuan berhijab tersebut menderita Ankylosing Spondylitis, atau juga sering disebut dengan AS.

Dianggap langka, penyakit ini ternyata sudah lama ditemukan dan bukan penyakit baru. Dilansir dari spondylitis.org, AS merupakan salah satu bentuk dri artritis yang menyerang tulang belakang. Selain tulang belakang, AS juga menyerang sendi-sendi lainnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya inflamasi pada sendi tulang belakang yang akan menimbulkan ketidaknyamanan serta rasa sakit, yang parah dan kronis. Infeksi Anthrax

Bahkan, pada beberapa kasus, inflamasi ini bisa menimbulkan formasi baru pada tulang belakang. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan rasa sakit dan juga kekakuan pada bagian-bagian tubuh seperti bahu, pinggul, tulang dada, tumit, dan sendi-sendi pada kaki dan tangan. Bahkan kadang, mata, paru-paru, dan jantung juga bisa ikut terkena efeknya.

Meskipun penyebabnya tak diketahui, namun para pakar menyatakan genetik memiliki peran dalam penyakit ini. Hampir setiap orang yang menderita penyakit ini, memiliki gen yang memproduksi protein dalam tubuhnya, yang disebut HLA-B27. Sayangnya, penyakit yang diderita Sulami menurut situs tersebut belum ada obatnya. Namun, sudah ada obat yang bisa meredakan nyeri, mengurangi gejala, dan mengurangi rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar